Apa itu manajer paket?

Untuk menambah atau menghapus aplikasi di Ubuntu, Anda perlu menggunakan package manager. Ini adalah program untuk menginstal dan meng-uninstall perangkat lunak, dan mencari komponen yang dibutuhkan oleh setiap perangkat lunak. Ada tiga buah manajer paket utama yang dapat Anda gunakan di Ubuntu:

  • Add/Remove Programs - Cara mudah untuk menginstal dan meng-uninstall program.

  • Synaptic - Pengendali dari perangkat lunak dan komponen sistem tingkat lanjut.

  • Apt - Untuk Anda yang lebih suka menggunakan Terminal.
Aplikasi diatas tidak dapat digunakan secara bersamaan. Silakan tutup terlebih dahulu dan buka salah satu saja. Anda memerlukan hak akses administratif untuk menggunakan program-program tersebut.


Tambah/Hapus Aplikasi

Dengan aplikasi Add/Remove… dalam menu Applications, Anda dapat menginstal program baru di Ubuntu. Anda juga dapat menghapus program yang tidak diinginkan. Dan diperlukan hak akses administratif untuk menggunakan Add/Remove Programs.
Jika Anda mengetahui nama program yang ingin Anda instal, masukkan ke dalam ruas Search. Sebaliknya, silakan pilih katergori perangkat lunak yang ada disebelah kiri. Program yang sudah diinstal akan terlihat tanda cek pada bagian setelah nama. Uncheck program jika Anda ingin menghapus program itu dari komputer.
Ketika Anda mengeklik Apply atau OK, setiap perangkat lunak baru akan di-download dari Internet, dan Ubuntu akan melakukan perubahan. Jika Anda tidak mengaktifkan arsip paket online, maka Anda akan ditanyakan agar memasukkan CD Ubuntu untuk menginstal beberapa paket.
Beberapa perangkat lunak tidak dapat diinstal atau dihapus menggunakan Add/Remove Applications. Jika tidak dapat menemukan paket yang Anda cari, klik Advanced untuk membuka Synaptic.

Synaptic Package Manager

Synaptic adalah aplikasi manajemen paket tingkat lanjut yang dapat menginstal dan menghapus setiap paket yang tersedia untuk sistem Anda. Memakai antarmuka berbasis grafik seperti Application>Add/Remove Applications
Untuk meluncurkan Synaptic, dari menu System pilih Administration->Synaptic Package Manager. Anda memerlukan hak akses administratif untuk menggunakan Synaptic.
Jika Anda sudah tahu nama paket yang ingin diinstal atau dihapus, klik tombol Search, dan masukkan nama paket. Anda dapat juga mencari paket melalui deskripsi paket tersebut (sebagai contoh, Anda dapat menemukan seluruh paket yang mengandung kata “arcade” atau “mathematics”). Gunakan kategori dibagian kiri untuk menyaring daftar paket. Untuk kembali ke daftar kategori selesah melakukan pencarian, klik Sections.
Untuk menginstal paket, klik kotak disebalahnya dan pilih Mark for installation. Jika berubah pikiran, pilih Unmark. Untuk menghapus paket yang sudah diinstal, pilih Mark for Removal. Jika Anda telah selesai, klik Apply dan Ubuntu akan melakukan perubahan. Jika Anda tidak ingin membuat perubahan apapun, cukup tutup jendela saja.

Manajemen Paket Melalui Baris Perintah Dengan APT

Jika Anda sudah nyaman menggunakan Terminal, Anda dapat menggunakan apt (Advanced Packaging Tool) untuk menginstal dan menghapus perangkat lunak. Anda memerlukan hak akses administratif untuk menggunakan apt.

  • Untuk meng-update daftar paket, ketik dalam terminal: sudo apt-get update

  • Untuk menginstal seluruh update yang tersedia: sudo apt-get upgrade

  • Untuk menginstal paket: sudo apt-get install paket

  • Untuk menghapus paket: sudo apt-get remove paket

  • Untuk melihat daftar perintah dan opsi apt: apt-get help
Untuk informasi lebih lanjut, lihat Debian’s apt manual [http://www.debian.org/doc/user-manuals#apt-howto].

Menginstal Suatu Berkas Paket

Metode yang biasa dipakai untuk menginstal program adalah melalui manajer paket yang akan dijelaskan dalam bab ini. Tetapi, walaupun arsip paket Ubuntu sangat besar, sangat memungkinkan jika Anda ingin menginstal paket yang tidak tersedia dalam arsip Ubuntu. Jika ini terjadi, Anda dapat juga men-download dan menginstal berkas dari situs web lain.
Sangat penting untuk memastikan bahwa setiap berkas yang Anda download berasal dari sumber yang aman sebelum Anda menginstalnya. Ada banyak berbagai jenis berkas paket di Linux. Kebanyakan berhubungan dengan manajer paket untuk distribusi Linux tertentu. Contohnya adalah berkas Paket Debian (berkas .deb), berkas RPM Package Manager (berkas .rpm), dan Tarballs (berkas .tar.)

Instal/uninstal berkas .deb

Berkas .deb adalah paket Debian. Berkas paket yang berhubungan dengan Ubuntu mempunyai akhiran .deb karena Ubuntu mempunyai hubungan erat dengan distribusi Debian GNU/Linux. Anda membutuhkan hak akses administratif untuk menginstal berkas .deb
Untuk menginstal berkas .deb, klik dua kali di berkas. Jika Anda ingin menggunakan Terminal, ketik: sudo dpkg -i package_file.deb
Untuk meng-uninstall berkas .deb, jangan pilih paket tersebut dari manajer paket. Atau dari Terminal, masukkan: sudo dpkg -r package_name

Konversi berkas .rpm ke berkas .deb

Jenis lain dari berkas paket adalah berkas Red Hat Package Manager yang mempunyai akhiran .rpm. Tidak direkomendasikan untuk menginstal berkas ini pada sistem Ubuntu. Hampir banyak aplikasi yang sudah tersedia paket .deb Ubuntu. Akan tetapi, jika benar-benar memerlukannya, berkas .rpm dapat dikonversi ke paket .deb dengan menggunakan program alien.
Dalam terminal, ketik: sudo alien package_file.rpm
Jika Anda mendapatkan error “command not found” atau yang lain, silakan instal alien sebelum mencoba lagi: sudo apt-get install alien

Instal tarballs

Berkas dengan akhiran .tar.gz atau .tar.bz2 adalah berkas paket yang dikenal sebagai tarballs dan banyak digunakan dalam Linux dan Unix. Jika tidak tersedia paket untuk Ubuntu di semua repositori Ubuntu, Anda dapat menggunakan baris perintah untuk menginstal dan meng-uninstal berkas Tarball dengan mengikuti instruksi yang ada di dalam paket.
Tarball sering mengandung source code dari program, dan harus di-compile terlebih dahulu untuk dapat digunakan. Untuk melakukan hal ini, Anda perlu menginstal perangkat lunak tambahan

Repositori Perangkat Lunak

Ada ribuan program yang tersedia untuk diinstal pada Ubuntu. Program ini disimpan dalam arsip perangkat lunak (repositories) dan tersedia bebas untuk instalasi melalui Internet. Hal ini mempermudah untuk menginstal program baru dalam Linux, dan juga sangat aman, karena setiap program yang Anda instal dibangun khusus untuk Ubuntu dan diperiksa sebelum program tersebut diinstal. Untuk mengorganisir perangkat lunak, repositori Ubuntu dikelompokkan ke dalam empat grup: Main, Restricted, Universe, dan Multiverse.

Dasar pemikiran yang digunakan untuk menentukan perangkat lunak mana yang akan masuk kategori mana adalah berdasarkan dua faktor:

  • Tingkat dukungan dari tim pengembangan perangkat lunak yang tersedia untuk suatu program.

  • Apakah program tersebut sudah memenuhi Filosofi Perangkat Lunak Bebas
[http://www.ubuntu.com/ubuntu/philosophy].
Informasi lebih lanjut mengenai Repositori yang ada di situs Ubuntu:
[http://www.ubuntu.com/ubuntu/components].
CD Instal standar Ubuntu memuat beberapa perangkat lunak dari kategori Main dan Restricted. Bila sistem Anda terhubung dengan repositori online, akan lebih banyak program perangkat lunak yang tersedia untuk instalasi. Dengan menggunakan alat manajemen paket yang sudah terinstal dalam sistem, Anda dapat mencari, menginstal dan meng-update setiap bagian dari perangkat lunak langsung melalui Internet, tanpa membutuhkan CD lagi.

No Response to "Install Paket Aplikasi Ubuntu"

Post a Comment

Share