Pada ubuntu 10.04, hal yang pertama kita lakukan adalah menginstall "usb_modeswitch". Untuk ubuntu 10.10 Maverick Meerkat karena aplikasi usb_modeswitch sudah terinstall, maka kita tinggal langsung melakukan langkah berikut ini:



1. Colokkan modem ke komputer dan tunggu beberapa menit agar modem terbaca di ubuntu kita.
2. Setelah beberapa menit menunggu (kira-kira 2 menit) klik icon network manager yang terletak dibagian kanan pada panel atas.
3. Pilih pilihan New Mobile Broadband (CDMA) Connection.

Setelah Jedela baru terbuka Anda pilih forward pada saat jendela pertama muncul. Kemudian pilih Negara dan tekan fordward. Lalu pilih pilihan I can't find my provider ...  tulis smart pada pilihan  tersebut, dan klik forward. Dan yag terakhir klik apply.

Lalu komputer akan mencoba untuk menyambungkan koneksi ke internet meskipun pada akhirnya gagal. Jangan khawatir, itu merupakan bagian dari prodsedur. Sekarang klik kanan pada icon network manager dan pilih Edit Connections. Setelah keluar jendela "Network Connection" pilih tab Mobile Broadband, pilih "smart connection" dan klik edit. Pada pilihan username dan password tulis "smart" tanpa tanda kutip kemudian klik apply. cabut modem anda lalu colokan lagi dan tunggu beberapa menit sampai ada pilihan smart connection saat kita klik icon Network Manager yang ada di panel.

Tinggal di klik dan selesai. Komputer pun tersambung pada internet .. jika gagal atau teteap tidak ada pilihan "smart connection" cabut dan colokan kembali modem pada komputer.

Ada juga aplikasi untuk ZTE AC2726 untuk ubuntu. Namun aplikasi tersebut kurang berjalan dengan baik di ubuntu 10.04 dan ubuntu 10.10. Silahkan download disini

Selamat mencoba :D

7 Response to Setting Modem ZTE AC2726 di Ubuntu

Anonymous
December 22, 2010 at 7:14 PM

Saya pernah pake aplikasi itu bro, gak berjalan baik di lucid & maverick :D
pas diremove mlh bikin synaptic error :)

January 12, 2011 at 6:52 PM

hehe bisa kok om .. saya pernah coba. setelah modem di colokin tunggu dulu beberapa menit ntar baru buka aplikasinya. kalo di remove emang jadi eror. ngatasinya dengan searching file "zte" lalu hapus yang sekiranya file tersebut dari aplikasi itu. hati2 juga, nanti malah menghapus file lain.

February 8, 2011 at 9:03 AM

haier ce210

make sudo modprobe kalo saya mah, make tutorial yg wvdial malah gak bisa konek sama sekali, install lagi dah, mana lupa backup file2 di mozilla :(

salam kenal btw nice blog :D

March 10, 2011 at 9:58 AM

makasih buat settingannya :)

March 17, 2011 at 9:49 PM

it's work..!!!
tengkyu oom buat tutorialx..
maklum.. linux nubi (T__T)a

December 3, 2011 at 2:50 PM

Mas, tolong kasih gambar modem berikut ulasannya, dong. Oya, tolong jawab: apa modem ini bisa berjalan di Linux TANPA WINDOWS?

Anonymous
August 11, 2012 at 12:49 PM

Mas, kok nggak diisi lagi blog ini?

Post a Comment

Share